Menghitung Nilai Resistor

Di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang resistor secara umum, kali ini saya membahas bagaimana caranya menghitung nilai resistor. Pada umumnya ada dua jenis resistor yaitu resistor dengan tipe biasa dan resistor SMD (surface mounted device), kedua resistor ini mempunyai pembacaan nilai yang berbeda.

Yang Pertama Resistor biasa (axial/radial)

Resistor ini memiliki gelang gelang warna yang mewakili nilai angkanya, seperti yang kita lihat gambar diatas adalah contoh dari bagaimana perhitungan nilai tiap resistor berdasarkan warna gelangnya.

ada 4 jenis fungsi dari warna gelang resistor, sesuai dengan jumlah banyaknya warna pada resistor tersebut. Yang pertama adalah fungsi yang mewakili angka desimal 0-9. Fungsi kedua adalah sebagai multipler atau pengali yang mewakili angka 10^-2 sampai 10^9. Fungsi ketiga yaitu toleransi dari nilai resistor tersebut, misalnya anda mempunyai resistor yang memiliki nilai 100 Ohm dengan toleransi ±1%, maka nilai dari resistor tersebut berkisar antara 99 Ohm sampai 101 Ohm. Terakhir yaitu nilai koefisien temperatur resistor, untuk fungsi ini jarang kita temui pada resistor sekarang karena fungsinya untuk rangkaian elektronik tertentu.

Contoh Resistor Biasa (Axial/Radial):

 

resistor contoh

Resistor di atas mempunyai 4 gelang warna, pada resistor ini hanya ada 3 fungsi dari warna gelangnya yaitu fungsi nilai desimal, kedua fungsi multipler atau pengali, dan ketiga yaitu nilai toleransi.

Pertanyaannya bagaimana anda bisa mengetahui di mana warna gelang awal(urutan pertama) dan warna yang akhir(urutan terakhir)?

Seperti yang kita lihat di gambar, jarak spasi dari warna gelang adalah merupakan tanda bahwa warna gelang coklat adalah urutan terakhir yang berarti mempunyai fungsi warna nilai toleransi, kemudian untuk warna jingga (orange) merupakan fungsi nilai multipler atau pengali dan terakhir untuk warna ungu dan kuning adalah fungsi nilai angka desimal.

Jadi bisa kita hitung nilai resistor dengan urutan dari kiri ke kanan,

Untuk warna pertama kuning yaitu bernilai 4 (lihat di gambar tabel), kita masukkan seperti ini :

4 – – – – Ohm

Untuk warna kedua yaitu warna ungu dengan nilai 7, lanjutkan dari nilai sebelumnya seperti ini :

4 7 – – – Ohm

Untuk warna ketiga yaitu warna jingga ( orange) dengan nilai multipler 10^3, nah dari nilai sebelumnya kita kalikan saja seperti ini :

47 x 10^3 = 47000 Ohm

Untuk warna keempat atau terakhir yaitu warna coklat dengan nilai toleransi resistor sebesar ±1%, nilai toleransi ini kita kalikan dengan nilai sebelumnya seperti ini :

47000 x 1% = 470

nilai 470  kita kurang dan tambahkan dengan nilai yang tadi sehigga kita mendapatkan nilai rangenya.

47000 – 470 = 46530 dan 47000 + 470= 47470, nah hasil dari nilai resistor diatas adalah diantara dari nilai 46530 Ohm sampai dengan 47470 Ohm.

Resistor SMD

Nah untuk resistor jenis ini sangatlah gampang untuk mengetahui nilai pada resistor apabila kita sudah mengerti konsep perhitungan nilai resistor yang sebelumnya karena pada resistor SMD kita hanya melihat label angka pada badan resistor bukan warna jadi lebih mudahkan dari resistor axial/radial dan juga pada fungsi toleransi pada resistor smd tidak digunakan atau tidak ada.

Contoh Resistor SMD:

Seperti yang kita lihat di atas nilai resistor yaitu 103, untuk mengetahui urutan dari nilai sangatlah gampang yaitu dengan melihat dari penulisan angkanya saja(kiri ke kanan) beda dengan resistor biasa yang memiliki warna yang berbeda jika kita membacanya salah.

jadi untuk nilai angka pertama nilai 1 dan 0 adalah nilai desimal

10 – – – Ohm

kemudian untuk digit ke tiga yaitu nilai 3 berarti multipler atau pengalian dengan nilai 10^3, kita kalikan saja dari nilai tadi yaitu :

10 x 10^3 = 10000 Ohm

jadi nilai dari resisor tersebut yaitu 10000 Ohm.

 

Nah itulah pembahasan mengenai cara menghitung resistor, kalau ada pertanyaan lebih lanjut silahkan komentar di kolom bawah. Terima Kasih

 

Keyword
  • Cara menghitung nilai resistor
  • Cara mengetahui ukuran resistor
  • Nilai warna gelang resistor
  • Cara menghitung nilai resistor smd
  • Ukuran resistor smd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *