Kapasitor

KapasitorKapasitor adalah komponen elektronika yang dapat menyimpat muatan listrik.  Dengan ukuran yang sama jika dibandingkan dengan baterai yang juga dapat menyimpan energi listrik, kapasitor menyimpan energi sekitar ±10000 kali lebih kecil dari baterai. Tetapi kapasitor memiliki kelebihan yang tidak dipunyai oleh baterai dan kapasitor banyak digunakan dalam rangkaian elektronik.

Prinsip Kerja Kapasitor

prinsip kerja kapasitor

Awalnya kapasitor dialiri tegangan dan arus, jumlah tegangan saat penuh akan sama sesuai dengan tegangan sumbernya. Kemudian setelah kapasitor penuh, energi listrik pada kapasitor dapat kita alirkan ke komponen yang membutuhkan energi listrik seperti lampu yang bisa kita lihat pada animasi diatas, lampu menyala seketika kemudian mati lagi dikarenakan kapasitor hanya menyimpan energi yang sedikit.

Fungsi Kapasitor

kapasitor pada rangkaian elektronik memiliki fungsi berbeda beda sesuai dengan keperluan kapasitor pada suatu rangkaian elektronik, berikut beberapa fungsi dari kapasitor :

Kapasitor Sebagai Penyaring Kebisingan Tegangan (noise fillter)

sebagai contoh kita memiliki sensor atau IC dengan kebutuhan tegangan yang stabil, nah apabila ada noise pada rangkaian entah itu drop tegangan singkat yang disebabkan oleh adanya supply tegangan komponen lain ataupun dikarenakan oleh naik turunnya listrik rumah dan kita akibatnya sensor atau IC yang kita gunakan tidak dapat menampilkan data yang tepat. Di sini Kapasitor yang bertindak sebagai supply tegangan sementara apabila ada tegangan drop.

Kapasitor Sebagai Konverter Tegangan AC ke DC
Sebagai konverter tegangan AC ke DC
sumber : howtomechatronics.com

untuk mengubah tegangan AC ke DC biasanya kita memakai Dioda sebagai penyearah tegangan, tetapi seperti kita ketahui tegangan AC (Alternating Current) yang disearahkan oleh dioda berbentuk setengah gelombang, sedangkan untuk tegangan DC (Direct Current) yaitu berbentuk kotak, nah disini fungsi kapasitor bekerja untuk menstabilkan sinyal keluaran dari dioda, sehingga kita bisa mendapatkan tegangan DC yang sempurna. Aplikasinya bisa kita dapatkan pada alat elektronik seperti Cas HP, Adaptor Laptop, dan alat2 elektronik yang membutuhkan keluaran tegangan DC.

Kapasitor Sebagai Penyaring Sinyal (Signal Filtering)
Kapasitor sebagai Sinyal Filtering
sumber : howtomechatronics.com

Pernahkah anda melihat jenis -jenis speaker pada sound sistem, kita bisa temui beberapa jenis dari speaker tersebut seperti contohnya tweeter, sub Woofer, ataupun mid range speaker. nah kita ketahui suara yang dihasilkan dari jenis speaker ini sesuai dengan jenisnya tersebut, seperti contohnya speaker jenis tweeter yang menghasilkan frekuensi tinggi di angka 5.000 sampai dengan 20.000 Hz biasa juga kita sebut suara treble, ataupun jenis speaker sub woofer atau woofer yang menghasilkan frekuensi rendah di angka 40sampai dengan 1.000 Hz. Di Pada rangkaian ini fungsi kapasitor sebagai penyaring frekuensi yang berasal dari sumber suara yang kemudian diteruskan sesuai dengan jenis speaker tersebut. Biasanya aplikasi dari fungsi kapasitor ini terdapat pada Amplifier Audio, Speaker Aktif dan rangkaian elektronik yang membutuhkan penyaring sinyal.

Simbol Dan Jenis Kapasitor

simbol kapasitor 

sumber : wikipedia.com

 

Kapasitor Tetap (Fixed Capacitor)

kapasitor tetap yang memiliki nilai yang tetap dan kapasitor ini tidak memiliki polaritas pada kedua terminal dan tidak perlu dibedakan kaki terminalnya pada rangkaian elektronika.

Pada umumnya kapasistor ini terbuat dari bahan mika, glass, dan keramik yang nilai kapasitas kapasitor ini terendah di jenisnya yaitu tidak lebih besar dari 1 mikrofarad (1µF). Contohnya kapasitor keramik yang memiliki nilai 33pF yang biasa digunakan pada pembuat sinyal clock pada arduino.

Kapasitor Polar(Polarized Capacitor)

Kapasitor Polar adalah kapasitor yang memiliki polaritas positif dan negatif pada terminalnya, sehingga harus diperhatikan terminalnya pada rangkaian elektronika dan tidak boleh terbalik, jika terbalik maka kapasitor bisa meledak dan merusak sirkuit. Contohnya adalah Elco (Electrolit Capacitor) bias anda lihat gambarnya di awal postingan, yah seperti itu bentuknya. kapasitor ini sering digunakan untuk rangkaian elektronik yang berhubungan dengan tegangan contohnya rangkaian regulator tegangan.

Kapasitor Variabel (Variable Capacitor)

Kapasitor ini memiliki nilai yang berubah ubah dan dapat diatur dengan memutar porosnya, kapasitor ini tidak memiliki polaritas, artinya terminal kapasitor ini bisa diletakkan dengan asal. Kapasitor ini biasa dipakai untuk pencarian frekuensi radio.

Tips Memilih Kapasitor

  • Jenis Kapasitor
  • Maksimal Tegangan
  • Kapasitas Farad(capacitance µF)
  • Max Suhu yang bekerja (C°)
  • Toleransi Capacitance
  • Impedance Ratio
  • Dimensi kapasitor

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *