Apa itu Arduino?

Arduino

Apa itu Arduino? untuk kalangan pencinta elektronika pasti sudah tidak asing lagi dengan mikrokontroller ini. Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source dan sangat mudah digunakan oleh seorang pemula dibidang elektronika. Dalam bahasa sederhananya arduino adalah perangkat atau hardware elektronik yang dapat diprogram dengan bebas mengunakan software, untuk memprogram arduino ini kita menggunakan bahasa pemrograman C/C++.

Arduino menggunakan keluarga mikrokontroler ATMega yang dirilis oleh Atmel sebagai basis, seperti yang kita liat gambar arduino uno R3 diatas menggunakan IC ATMega328p, namun ada individu/perusahaan yang membuat clone arduino dengan menggunakan IC mikrokontroler lain dan tetap kompatibel dengan arduino pada level hardware. Untuk fleksibilitas, program dimasukkan melalui bootloader meskipun ada opsi untuk membypass bootloader dan menggunakan downloader untuk memprogram mikrokontroler secara langsung melalui port ISP

Kegunaan Arduino ?

Mungkin banyak yang masih bingung dengan arduino, misalnya saja arduino itu digunakan dimana? untuk apa? baiklah saya jelaskan kegunaan arduino, arduino biasa digunakan untuk membuat project-project elektronika contohnya Robot, Home Automation Project, Led Display dan masih banyak lagi. Wah keren yah bisa buat robot dari Arduino ini, yap bener Arduino sering digunakan oleh kalangan Mahasiswa ataupun siswa yang ingin membuat Tugas besarnya, seperti membuat Robot Line Follower, Garasi otomatis, Penyiram tanaman otomatis dan lainnya.

Bagaimana Tampilan Software Arduino ?

Yah seperti yang anda lihat di atas adalah tampilan software Arduino IDE untuk memprogram arduino, untuk mendownloadnya anda dapat langsung mengunjungi site official Arduino. Sebenarnya masih banyak software yang mendukung pemrograman Arduino seperti, ArduBlock, Minibloq, Codebender, Visuino dan lainnya.

Sejarah Singkat Arduino

Oh iya sedikit sejarah dari asal-usul arduino ini berawal dari sebuah thesis yang dibuat oleh Hernando Barragan, di institute Ivrea, Italia pada tahun 2005, kemudian dikembangkan oleh Massimo Banzi dan David Cuartielles dan awal mula arduino diberi nama Arduin of Ivrea dan kemudian dirubah menjadi Arduino yang dalam bahasa Italia berarti “Teman yang berani”, wah keren yak Arduino ini.

Tujuan awal dibuat Arduino adalah untuk membuat perangkat mudah dan murah, dari perangkat yang ada saat itu adalah merupakan mikrokontroler sederhana. perangkat ini ditujukan untuk para mahasiswa dan siswa yang akan membuat perangkat desain project robotnya.

Saat ini tim pengembangnya adalah Massimo Banzi, David Cuartielles, Tom Igoe, Gianluca Martino, David Mellis, dan Nicholas Zambetti. Mereka mengupayakan 4 hal dalam Arduino ini, yaitu:

  • Harga Murah terjangkau
  • Dapat dijalankan diberbagai sistem operasi, Windows, Linux, Max, Android, dan lainnya.
  • Sederhana, dengan bahasa pemograman C/C++ yang mudah bisa dipelajari orang awam, bukan untuk orang tertentu saja.
  • Open Source, hardware dan software.

Sifat Arduino yang Open Source, membuat Arduino berkembang sangat cepat. Dan banyak lahir perangkat-perangkat sejenis Arduino. Seperti DFRDuino, Freeduino, Cosmo Black Star, Zigduino, Sparkfun, Adafruit dan lainnya.

Adapun hal-hal yang terkait lainnya dengan arduino, anda dapat membaca artikel dibawah :

Keyword :
  • Arduino adalah
  • Pengertian Arduino
  • Belajar Arduino
  • Dasar Arduino
  • Mikrokontroller Arduino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *